Blog Kuliner & Perjalanan Marga

5 Tempat Wisata di Karangasem Bali yang Wajib Dikunjungi

Ngomongin soal tempat wisata Bali, biasanya kita hanya berpatokan pada daerah Kuta, Seminyak, atau Ubud. Padahal masih banyak daerah lain yang nggak kalah cantik, salah satunya adalah Kabupaten Karangasem, di wilayah timur Bali.

Tempat wisata di Karangasem, Bali

Dengan luas wilayah sekitar 800 kilometer persegi, Karangasem punya sangaaaat banyak tempat wisata yang tidak kalah memesona. Kebanyakan tempat wisata di sini berkaitan dengan sejarah atau wisata alam. Jadi kalau cari beach club kekinian, memang Karangasem bukan tempatnya sih.

Di blog post kali ini, aku mau share 5 tempat wisata Karangasem yang kemarin aku kunjungi. Silakan baca sampai habis dan semoga bermanfaat!

1. Istana Air Tirta Gangga

Foto-foto di kolam ala Benteng Takeshi

Tempat ini dulunya adalah bagian dari istana kerajaan Karangasem. Namanya diambil dari Sungai Gangga sebagai bentuk penghormatan pada masyarakat Hindu. Kompleks istana seluas satu hektar yang dibangun pada tahun 1946 ini hampir hancur seluruhnya karena letusan Gunung Agung tahun 1963, tapi dibangun dan dipulihkan kembali.

Kalau liat Instagram traveler bule yang lagi di Bali, pasti salah satu fotonya ada yang di Tirta Gangga. Emang tempat ini se-ngehits itu. Saking ngehitsnya, ramenya juga luar biasa. Apalagi di spot kolam dengan air mancur dekat pintu masuk.

Spot foto yang ramai banget
Spot lain di Tirta Gangga

Kalau mau foto cantik di sini, mau nggak mau harus antri dan sabar menunggu sampai kosong biar nggak ada bocor orang. Tapi perlu diperhatikan juga, karena nggak semua orang ke sini demi konten. Ada juga yang mau menikmati pemandangannya aja. Jadi, buat yang mengejar kebutuhan konten, jangan jadi nyusahin orang lain ya!

HTM: Rp40.000
Pro Tip: Beli makanan ikan di dekat pintu masuk, biar kalau foto bisa dikelilingi ikan~

2. Taman Soeksada Ujung

Taman Soeksada Ujung, Karangasem Bali

Sesuai namanya, letak Taman Soeksada ini berada di ujung Karangasem. Dulunya, Taman Soeksada ini merupakan tempat Raja Karangasem berstirahat, bersemedi, atau menjamu tamu kehormatan. Memang tempatnya nyaman dan menenangkan, pastinya bakal betah di sini!

Di sini ada 3 kolam besar. Pada bagian selatan, terdapat Bale Bengong, bangunan tanpa dinding semacam gazebo buat leyeh-leyeh. Memang enak bengong di sini, apalagi dengan semilir angin pantai yang sejuk.

Bangunanan pilar tanpa atap
Dari atas sini bisa lihat pemandangan yang baguuuus banget!

Kalau rela naik 100 anak tangga, di bagian atas taman ini ada bangunan pilar tanpa atap yang sering dijadikan spot berfoto juga. Dari atas sini, kita bisa melihat pemandangan indah Taman Ujung.

Tempat ini belum ramai pengunjung, kebersihannya juga terjaga dengan sangat baik. Di dalam belum ada peraturan tidak boleh makan dan minum, tapi bukan berarti kita jadi boleh nyampah ya. Kalau belum nemu tempat sampah, masukin tas dulu aja.

Arsitektur bangunan yang Bali banget!

Btw, aku pribadi lebih suka Taman Soeksada Ujung ini dibandingkan Tirta Gangga, karena lebih sepi dan lebih luas tempatnya. Hehe

HTM: Rp15.000

3. Taman Edelweiss

Waktu itu sebenarnya mau ke Taman Bunga Kasna, tapi sayangnya bunga marigold-nya belum banyak. Atau mungkin memang lagi nggak musimnya. Sementara Edelweiss-nya juga belum lebat. Akhirnya kami memutuskan turun sedikit dan mengunjungi Taman Edelweiss di bawahnya.

Foto ala-ala sama pak suami

Siapa sangka ya, ternyata di tempat tropis seperti Bali juga bisa ditumbuhi Edelweiss yang cantik ini. Walau nggak banyak berbunga, hamparan Edelweiss ini tetap terlihat cantik sekali. Di sini ada spot ala bangunan kincir angin Belanda.

Bunga edelweiss, tapi kayanya udah kering

Di bawah Taman Edelweiss, ada juga yang namanya Taman Jinja dengan Fushimi Inari versi kearifan lokal.

Di taman-taman ini nggak banyak wisatawan asing, lebih banyak warga lokal yang bersantai atau mau foto-foto saja.

HTM: Rp15.000

4. Pura Lempuyang

Pura yang satu ini merupakan salah satu pura utama terbesar di pulau Bali. Setelah ngobrol dengan warga di sekitar sini, Bali memiliki beberapa pura yang dianggap sangat penting, yaitu Pura Besakih, Ulun Danu, dan Lempuyang.

Di balik gapura ini ada tempat ibadah

Letaknya di lereng Gunung Suci Lempuyang, dan dari sini kita bisa lihat view Gunung Agung yang indah banget. Perjalanan ke sini lumayan berat, jalannya berliku-liku dan menanjak. Enaknya sih sewa mobil beserta supirnya, karena disetirin warga lokal lebih nyaman dan nggak perlu ribet cari parkir. 

Foto wajib di Pura Lempuyang
Aslinya kayak gini, nggak ada genangan air di bawahnya

Kalau mau foto di gapuranya yang ngehits banget, harus ambil nomor antrian. Waktu tunggunya bisa sekitar 2-3 jam, tergantung jumlah orang yang ada saat itu. Fotonya cuma bisa pakai HP (nanti difotoin sama staff pura) dan dibatasi 4 pose aja.

HTM: Gratis, tapi harus sewa kain untuk dipakai di dalam Rp10.000 / orang

5. Bukit Cinta

Jika kamu ingin melihat indahnya Gunung Agung dengan hamparan sawah dan kebun di depannya, bukit ini wajib kamu kunjungi!

Kalau mau lebih menghemat waktu, di dekat Bukit Cinta ini ada restoran namanya Bali Asli. Jadi sambil menikmati pemandangan, bisa sekalian makan siang juga.

FYI, restoran Bali Asli ini menunya berubah-ubah setiap harinya. Apesnya, waktu aku ke sini menunya lagi non-halal semua. Hari-hari lainnya, dia bisa menyajikan ayam juga. Tapi kami baru tau menunya non-halal setelah duduk dan foto-foto dengan pemandangan yang cantik. Sembari nunggu staffnya mengambil buku menu juga itu. Maaf ya mas, mbak, kami malah jadi numpang foto doang…

Jadi kalau mau ke restoran ini, bisa telepon dulu untuk memastikan menu hari itu ada apa saja ya!

HTM:

Hotel Taman Surgawi, Karangasem Bali

Kira-kira tempat mana yang paling bikin kamu penasaran nih?

Kalau mau kunjungi beberapa tempat di atas dalam satu perjalanan, mungkin bakal butuh 3-4 hari supaya nggak terlalu terburu-buru. Waktu itu aku bermalam di Taman Surgawi Resort & Spa, hotel yang berada pas di samping Taman Soeksada.

Selamat berlibur ke Karangasem, Bali!

BACA JUGA: Santai Sore di La Brisa Beach Club – Canggu, Bali